7+ Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Terhenti di Android

0
7+ Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Terhenti di Android
Rate this post

7+ Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Terhenti di Android – Pada era digital sekarang ini berbagai merk smartphone Android di luncurkan di pasaran dengan kapasitas memori RAM tinggi. Karena seperti yang diketahui bersama bahwa sistem operasi Android menjalankan aplikasi yang di bangun menggunakan platform Java. Maka untuk memenuhi semua fitur aplikasi Android, di butuhkan RAM yang banyak. Maka tidak heran jika anda sering mengalami aplikasi force close dengan notifikasi “Sayangnya aplikasi telah terhenti”. Yang mana penyebab utama dari munculnya error ini adalah tidak ada space memori RAM untuk menampung data dari aplikasi tersebut.

Tidak hanya itu, aplikasi yang di install pada ponsel Android akan terus berjalan di latar belakang walaupun anda sedang tidak menggunakannya. Terlebih aplikasi sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, YouTube dan lainnya, tanpa anda sadari aplikasi sosial media tersebut akan running di latar belakang yang tentunya menggunakan sebagian memori RAM anda.

Selain oleh RAM, aplikasi yang terus terhenti juga bisa di sebabkan oleh pengaturan-pengaturan yang salah pada ponsel anda. Nah, untuk anda yang saat ini sedang mengalami masalah aplikasi terhenti, ikuti artikel ini sampai habis, karena pada kesempatan ini admin akan membagikan cara mengatasi aplikasi yang terus terhenti di Android yang terbukti ampuh. Silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Baca Juga : Cara Membersihkan Memori WhatsApp Tanpa Hapus Chat

Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Terhenti di Android

1. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Perlu

Untuk melegakan RAM ponsel anda, sebaiknya anda tidak perlu menguninstall terlalu banyak aplikasi di ponsel anda. Install aplikasi-aplikasi yang seperlunya saja. Selain akan menambah berat kinerja ponsel Android anda, terlalu banyak aplikasi juga bisa menyebabkan penumpukan file cache / sampah yang akan membuat memori internal ponsel anda penuh.

2. Bersihkan Cache Android

Semua aplikasi yang di install pada ponsel Android, semuanya akan membuat file cache yang tidak akan hilang walaupun anda sudah menghapus aplikasi tersebut dari ponsel anda. Selain dapat membuat memori internal penuh, file cache juga bisa menyebabkan performa Android menjadi menurun dan bisa menyebabkan force close pada beberapa aplikasi yang akan anda jalankan. Anda dapat membersihkan cache Android dengan menggunakan CCleaner yang dapat di unduh dari Google Play Secara gratis.

Silahkan bersihkan cache ponsel Android anda secara berkala agar performa ponsel anda tetap terjaga.

Baca Juga : Cara Mengatasi Memori Penuh Di HP Samsung Semua Tipe

3. Update Aplikasi ke Versi Yang Paling Baru

Seperti yang kita tahu bahwa banyak sekali aplikasi yang bisa anda unduh di Play Store. Dan tentunya tidak semua aplikasi bisa di jalankan dengan normal di ponsel anda. Semua developer aplikasi Android akan terus meng-update aplikasi yang dikembangkannyan untuk memperbaiki bug yang ada. Silahkan anda update semua aplikasi yang terinstall di ponsel anda ke versi yang paling baru agar bug-bug yang terdapat pada aplikasi tersebut diperbaiki oleh developernya.

4. Hibernasi Beberapa Aplikasi

Jika anda syang untuk menghapus aplikasi yang sudah di install, maka anda bisa membukan saja aplikasi tersebut agar tidak running di latar belakang untuk melegakan RAM di ponsel. Anda dapat membukan sebagian aplikasi dengan menggunakan bantuan aplikasi Greenify yang dapat di unduh dari Play Store. Untuk cara menggunakannya silahkan lihat pada postingan cara melegakan RAM Android.

5. Update Firmware ke Versi Terbaru

Firmware bisa di ibaratkan sebagai pengendali semua aplikasi yang terinstall di ponsel anda. Setiap produsen smartphone seperti Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo dan lainnya juga terus memperbarui firmwarenya untuk memperbaiki bug. Jika tidak ada kecocokan antara firmware dengan aplikasi, maka aplikasi tersebut akan force close / tehenti ketika di jalankan. Maka ketika anda mengalami masalah aplikasi yang terus terhenti, sebaiknya anda update firmware anda ke versi yang terbaru.

6. Hapus Data Aplikasi

Setiap aplikasi Android memiliki data yang tersimpan di memori internal maupun eksternal. Seperti WhatsApp contohnya, WhatsApp akan menyimpan seluruh data WhatsApp seperti history chat, file gambar, video dan lainnya di folder khusus. Jika aplikasi tersebut sudah kebanyakan data maka bisa menyebabkan force close. Silahkan anda hapus data aplikasi melalui pengatutan.

Note : Khusus untuk WhatsApp atau aplikasi messenger lainnya, jangan langsung menghapus data karena akan menyebabkan hilangnya history chat anda. Maka sebaiknya anda membackup terlebih dahulu history chat sebelum anda menghapus data aplikasi messenger. 

Baca Juga : Download WhatsApp MOD APK 2019 Versi Stabil Terbaru

7. Install Ulang Aplikasi

Jika ada salah satu aplikasi yang terus terhenti seperti misalnya Facebook, maka anda bisa mencoba meng-install ulang aplikasi. Silahkan hapus terlebih dahulu aplikasi tersebut dari ponsel anda. Kemudian silahkan anda install kembali melalui Google Play Store.

8. Pastikan Anda Menginstall Aplikasi dari Play Store

Saat ini banyak versi aplikasi yang di sesuaikan dengan perangkat. Maka agar anda mendapatkan versi aplikasi yang kompatibel dengan ponsel anda, sebaiknya mendownload aplikasi dari Play Store karena akan di sesuikan secara otomatis dan sudah di pastikan bahwa aplikasi yang anda download cocok dengan ponsel anda sehingga tidak terhenti ketika di jalankan.

Demikian yang bisa admin bagikan tentang beberapa cara mengatasi sayangnya aplikasi telah terhenti. Silahkan anda coba  cara-cara yang admin berikan di atas satu-persatu agar anda mendapatkan solusi terbaik untuk memperbaiki aplikasi yang terus terhenti. Semalat mencoba dan semoga bermanfaat.

Langganan via Email
Masukan Email anda agar mendapatkan info Update APK MOD terbaru gratis.
Pastikan anda memasukan Email yang valid.

Leave A Reply

Your email address will not be published.